Obat Flu Bisa Ubah Perilaku Anak-Anak

Senin, 26/11/2007 - 10:45 WIB
WASHINGTON - Lembaga Pemerintah yang menangani kesehatan diimbau untuk menambahkan label tentang peringatan masalah syaraf yang ditimbulkan akibat mengonsumsi obat flu pada anak-anak. The Food Drug Administration (FDA) telah melakukan review terhadap keamanan tamiflu sejak 2005, setelah dilaporkan ada anak-anak yang mengalami masalah syaraf, termasuk halusinasi dan tertawa yang terbahak-bahak.

Sebanyak 25 pasien di bawah umur 21 meninggal ketika mengonsumsi obat ini, kebanyakan dari mereka di Jepang. Lima anak-anak di antaranya meninggal karena jatuh dari jendela, atau balkon, atau berlarian di jalanan. Memang, tak seorangpun anak yang meninggal yang terkait dengan Relenza, namun pemerintah setempat menyatakan bahwa anak-anak yang mengonsumsi obat menunjukkan gejala yang sama.

Sementara FDA menyatakan bahwa kenyataan itu masih belum begitu jelas apakah langsung berhubungan dengan obat, namun FDA merekomendasikan menambahkan potensi efek samping tersebut pada label obat flu Tamiflu dan Relenza. Selain karena efek samping obat, FDA menyatakan bahwa perilaku anak-anak yang aneh bisa jadi karena strain flu yang tidak biasa atau reaksi genetik yang jarang pada obat ini
(Abdul Malik / Sindo / mbs)

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Film KKN di Desa Penari

Mengenal Taman Inspirasi Muntig Siokan, Sanur,Denpasar

INSPIRASI MENULIS DARI PENGALAMANKU