INSPIRASI MENULIS DARI PENGALAMANKU

Menulis merupakan kegiatan yang dicurahkan melalui tulisan baik melalui media tulis elektronik atau pun media cetak.

Kegiatan tulis menulis itu gampang-gampang susah. Gampangnya kalau ide menulis mengalir dengan lancar. Susahnya kalau kehabisan ide, walau sebenarnya banyak ide bertebaran di muka bumi ini. Yang penting ditekuni dan dikerjakan setiap hari minimal satu tulisan. Insya Allah akan terkumpul banyak tulisan.

Dengan menulis aku berusaha untuk dapat mengekspresikan ilmu pengetahuan yang telah kuperoleh dengan cara menceritakan kembali dalam bentuk tulisan dengan gaya bahasa yang kumiliki dan kosakata yang kukuasai.

Aku menyadari atas keterbatasanku dalam menguasai kosakata dan kemampuanku bercerita. Untuk itu dengan adanya Challenge 30 hari bercerita dalam bentuk tulisan merupakan suatu tantangan tersendiri.

Inspirasi yang mudah diambil adalah dari pengalaman pribadiku yang pernah aku dokumentasikan baik dalam bentuk foto atau video. Terkadang menulis dengan sendirinya tanpa menggunakan kerangka tulisan atau outline. Dengan adanya video dan foto dapat aku susun berdasarkan urutan waktu kejadiannya. Jadi kerangka tulisan awalnya sudah aku atur pada video dan foto yang telah aku gabungkan sesuai urutan ceritanya.

Dengan melihat video tersebut, aku mulai mengembangkan poin-poin peristiwa-peristiwa ke dalam bentuk tulisan. Dan itu cukup membantu juga, karena pada tantangan 30 hari menulis sudah aku terapkan pada tulisan hari pertama yang berjudul Nikmatnya Sakit, selain dalam bentuk tulisan, dalam bentuk video aku juga buat. Tulisan hari pertama ini kubuat dengan meneteskan air mata, karena aku merasa sedih saat mempostingnya di Facebook. Bukannya aku mau berbagi kesedihan, tapi karena aku ingin berbagi pengalaman memperjuangkan diri untuk mempertahankan hidup. Jangan sampai pengalamanku ini terjadi pada teman-temanku, biarkan aku yang pernah merasakannya.

Judulnya pun agak sedikit nyleneh yaitu Nikmatnya Sakit, sakit kok nikmat, aneh ini orang. Memang selama aku opname, aku tidak merasakan yang namanya sakit, yang sakit itu saat disuntik, karena selama perawatan di rumah sakit aku tidak dapat mengingat kejadian yang telah berlalu, karena aku banyak istirahat tidurnya.

Tapi dari sakit yang kualami, aku bisa mengingat dan diingatkan kembali oleh Allah SWT. Adapun salah satu upaya mengembalikan ingatanku yang menurun dengan drastis adalah dengan cara menulis.

Dan ini ternyata secara perlahan dapat mengembalikan ingatan seperti sediakala terutama segala kegiatanku yang terdokumentasikan dengan baik. Inspirasi menulis dari pengalamanku dan semoga ke depannya aku dapat menambah pengalaman lebih banyak sehingga dapat dituangkan dalam bentuk buku dan ini merupakan impianku saat ini.


Comments

Popular posts from this blog

Resensi Film KKN di Desa Penari

Mengenal Taman Inspirasi Muntig Siokan, Sanur,Denpasar