DOA, USAHA DAN HARAPAN

Awal pertama sejak aku terdeteksi memiliki gangguan kesehatan seperti hipertensi, gagal jantung, gagal ginjal kronis, asam lambung dan asam urat, aku mengira tidak bisa menjalani kehidupan ini dengan bahagia. Berbekal keyakinan masih ada Allah yang bisa menyembuhkan, aku tidak pernah menganggap diri sakit. Aku selalu sugesti ke tubuh ini, aku sehat aku bisa sembuh.

Dengan segala kekurangan yang kumiliki, aku tetap semangat menjalani pekerjaanku sebagai staf tata usaha sebuah sekolah SMK negeri di Bali yang memiliki intensitas kegiatan sangat tinggi. Aku menjalani semua dengan hati ikhlas dan senang. Dan bila dapat menyelesaikan salah satu tugas, aku merasakan suatu kenikmatan dan kebahagiaan tersendiri.

Seiring waktu yang berjalan, aku tidak lupa kontrol kesehatan setiap bulan ke dokter spesialis penyakit dalam. Minum obat yang diberikan dokter, di samping itu minum madu dan bekam setiap dua minggu sekali. Dan hasil pemeriksaan dan pengobatan membaik dengan kreatin selalu menurun, walaupun sedikit.

Dengan terpapar virus covid 19, semua harapan menjadi buyar karena efek dari covid telah membuat kreatin melonjak dari 8 hingga menjadi 23 sehingga harus menjalani cuci darah. Pada saat isolasi di rumah sakit aku merasa sepi dalam kesendirian yang mana pada saat itu aku banyak kehilangan ingatan karena terjadinya efek pengentalan darah. Karena covid, maka pasien tidak boleh dijenguk. Bersyukur istriku diijinkan untuk menemaniku dengan perjanjian resiko tertular covid. Alhamdulillah istriku tetap sehat hingga aku pulang ke rumah.

Setelah aku mulai sadar dan diingatkan Allah melalui sholawat dan dzikir taubat. Aku selalu berdoa memohon kepada Allah agar mengampuni semua dosa-dosaku serta mohon kesembuhan dan diberi kesehatan kembali.

Memang ujian sakit ini terasa berat jika dipikirkan dan direnungkan. Tapi aku tidak mau memikirkan itu, aku harus ikhlas dan bisa ridho menerima semua itu. Hanya itu yang membuat aku lebih bersemangat. Semoga dengan menulis dapat memberi energi positif bagi kesehatanku. Jadi dengan banyak doa dan usaha selalu menjalani kontrol rutin ke dokter dan rutin menjalani HD. Dengan harapan aku dapat menjalani dan menjaga kehidupanku dengan baik dan diberi kesembuhan oleh Allah. Aamiin Ya Robbal Alamiin.

 

Kuta Selatan, 18 Desember 2021

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Film KKN di Desa Penari

Mengenal Taman Inspirasi Muntig Siokan, Sanur,Denpasar

INSPIRASI MENULIS DARI PENGALAMANKU