NIKMATNYA OPERASI

Mendengar kata operasi bagiku merupakan sesuatu yang menakutkan karena terkait proses bedah, darah dan jahitan.

Pada awal cuci darah, alat akses cuci darah dengan mesin cuci darah bernama catether double lumen (CDL) yang pertama kali dipasang pada leher sebelah kanan. Dengan kateter yang dipasang di leher, sudah tentu sangat mengganggu tidurku dan pernah mengalami perdarahan pada saat tranfusi darah di saat sakit dahulu.

Dua bulan berlalu setelah aku kembali ke rumah, aku kembali menjalani opname untuk operasi pemasangan akses cuci darah yaitu AV Sunt, yaitu akses melalui pembuluh darah di tangan. Namun setelah diperiksa oleh dokter bedah vaskuler, ternyata akses cuci darah CDL pada leher sudah kadaluwarsa, jadi harus dipindahkan akses melalui operasi pemasangan CDL pada dada sebelah kanan. Karena pembuatan akses di tangan memerlukan proses lebih lama untuk dapat digunakan. Selama akses yang ditangan belum bisa digunakan perlu akses cadangan yaitu pada dada untuk kelancaran cuci darah rutinnya.

Operasi pemasangan CDL pada dada berlangsung sekitar 30 menit. Dengan melepas CDL yang menusuk pada leher, kemudian dengan bius lokal, dadaku sebelah kanan dibedah, terasa sedikit nyeri, lalu dipasangkan CDL ukuran kurang lebih 19 cm didada dengan posisi menggantung didada, sebagian masuk ke dalam dada dan dijahit. Aku opname selama 2 hari 2 malam.

Dua minggu kemudian, aku kembali kontrol ke rumah sakit. Oleh dokter diperiksa dan di USG untuk dicari posisi pembuluh darahku, yang mana ukuran yang besar, yang disanalah akan dioperasi.

Operasi kedua pemasangan AV Sunt berlangsung sekitar satu jam. Karena yang dioperasi di bagian siku tangan kiri lebih rumit karena menyatukan pembuluh darah vena dan arteri. Aku opname 1 hari 2 malam. Bersyukur operasi berjalan dengan lancar dan aku pun merasakan nikmatnya operasi. Semoga aku selalu ikhlas dan ridho. Aamiin.

 

Kuta Selatan, 28 November 2021


Comments

Popular posts from this blog

Resensi Film KKN di Desa Penari

Mengenal Taman Inspirasi Muntig Siokan, Sanur,Denpasar

INSPIRASI MENULIS DARI PENGALAMANKU