NIKMATNYA CUCI DARAH

Pagi itu aku sudah terbangun dari tidur. Setelah selesai subuh, aku bersama istri mempersiapkan menu masakan hari ini. Adapun menu yang dibuat adalah tahu tempe bacem. Istriku menyiapkan bumbu masaknya, aku mencuci beras yang kemudian di masak di alat penanak nasi, aku pun menggoreng tahu dan tempe hingga mengolah menjadi tempe tahu bacem, istri mencuci perabotan yang kotor.

Pukul 07.00 WITA, istri mempersiapkan diri untuk berangkat mengajar di salah satu madrasah di daerah Jimbaran. Aku di rumah menyiapkan bekal makanan dan minuman yang akan kubawa nanti siang untuk cuci darah di RSU Surya Husada Nusa Dua.

Tidak terasa waktu pun berjalan dengan cepat, istri pulang ke rumah menjemputku untuk mengantarku ke rumah sakit. Sampai di rumah sakit, aku langsung cek in sidik jari di ruang hemodialisis, istri registrasi jadwal cuci darah. Setelah selesai proses registrasi, prosedur yang kulakukan adalah menimbang berat badan. Untuk mengetahui berapa cairan yang harus ditarik. Kebetulan saat itu berat badanku naik 2 kg. Jadi cairan yang harus ditarik sekitar 2,5 liter sudah termasuk ekstra  makanan dan minuman saat cuci darah.

Proses berikutnya aku menuju tempat tidur pasien sesuai nomor antrianku. Di tempat tidur pasien, apabila mesin cuci sudah siap digunakan, perawat langsung menyiapkan dan memasang selang penghubung antara mesin cuci darah dengan Catether Doube Lumen atau CDL yang terpasang di dada bagian kanan, yang menarik darah keluar menuju mesin cuci darah yang disaring menjadi bersih dan kembali ditransfusi pada melalui CDL tersebut. Proses cuci darah berlangsung antara 4-5 jam.

Selama cuci darah, pasien boleh makan dan minum secukupnya. Main HP ataupun tidur sampai waktu cuci darah selesai. Aku pun merasakan Nikmatnya Cuci Darah sebagai pola hidup baruku. Semoga aku selalu ikhlas dan ridho menjalaninya. Aamiin.

 

Kuta Selatan, 26 November 2021

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Film KKN di Desa Penari

Mengenal Taman Inspirasi Muntig Siokan, Sanur,Denpasar

INSPIRASI MENULIS DARI PENGALAMANKU